Membuat Partisi Baru Di Windows

2 min read

Windows

Oke kali ini saya akan memberikan tutorial untuk cara melakukan pembuatan partisi baru di dalam windows. Mungkin sebagian dari kalian ingin membagi partisi lagi setelah melakukan install ulang karena saat install ulang kalian lupa untuk mempartisi harddisk sehingga semua disk hanya digunakan untuk data Windows saja. Nah bagaimana sih caranya agar kita bisa membagi lagi isi dari sebuah harddisk yang telah terisi semua untuk data sistem operasinya.

Cara yang digunakan sangatlah mudah dan juga bisa dimengerti. Cara ini bisa kalian lakukan di windows 8, 8.1, dan juga windows 10. kalian yang mampir kesini pasti ada yang sudah mengetahuinya tapi lupa atau belum mengetahui cara ini sama sekali sehingga sampailah disini. Bagi kalian yang belum tahu atau sudah tau tapi lupa saya akan membagikannya disini sejara jelas agar kalian bisa mengikutinya. Jangan lewatkan caranya ya agar berhasil.

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Baca: Cara Menghapus Dual Boot Windows

1. Masuk ke Control Panel

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Untuk masuk ke control panel caranya cukup mudah yaitu kalian cukup tekan bersama sama logo Windows yang ada pada keyboard dengan huruf R untuk menjalankan fungsi Run. Setelah muncul jendela Run yang berada di pojok kiri bawah laptop / komputer maka kalian cukup ketikkan saja “ control panel “ ( Tanpa tanda kutip ).

2. Masuk ke System and Security

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Setelah masuk ke control panel maka kalian masuk ke pengaturan System and Security dimana semua pengaturan tentang sistem pada komputer kita berada disitu.

3. Masuk ke pengaturan Create and format disk partitions

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Di dalam pengaturan System and Security ini kalian akan melihat banyak pengaturan lagi di dalamnya. Nah untuk cara kali ini kalian lihat ke pengaturan terbawah yaitu ada pengaturan Administrative Tools dan di bawah pengaturan itu ada 5 pengaturan lagi dengan tulisan yang lebih kecil.

Jika kalian sudah melihatnya selanjutnya yaitu klik pengaturan Create and format dist partitions untuk membuat sebuah partisi atau memformat disk kalian. Namun yang akan kita lakukan disini adalah membuat partisi baru.

4. Tentukan Disk yang akan di bagi isinya

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Setelah mengklik tulisan Create and format disk partitions biasanya ada muncul jendela pop up yang berisi dimana kita harus menekan Yes / Ok untuk melanjutkan ke langkah berikutnya atau biasa disebut User Account Control. Setelah kalian mengizinkan untuk melanjutkan maka akan muncul sebuah tampilan baru yang berjudul Disk Management dan disinilah kita akan membuat paritisi baru.

Sebelumnya pastikan dulu partisi yang kalian punya tidak lebih dari 3 karena satu harddisk hanya diperbolehkan memiliki 3 partisi saja jadi untuk membuat yang baru kalian defaultnya memiliki satu atau dua saja. Setelah ini kalian pilih disk mana yang akan kalian bagi menjadi partisi baru. Seperti pada gambar kalian klik kanan pada disk yang akan kalian potong isinya lalu pilih Shrink Volume.

5. Tentukan berapa banyak isi dari partisi yang baru

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Nah sesudah kalian mengklik menu Shrink Volume maka kalian akan disuguhkan jendela kecil yang berisi angka angka. Untuk mengisi berapa isi partisi baru kalian maka cukup masukkan nominalnya di box ke tiga. Defaultnya adalah isi free space awal dari partisi itu maka yang harus kalian lakukan adalah hapus dulu angkanya lalu masukkan angka baru dalam MB bukan GB jadi jika kalian ingin memasukkan 10 GB maka masukkan 10000 MB. Jika sudah kalian klik Shrink.  

6. Buat volume baru

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Setelah loading selesai maka akan muncul sebuah partisi baru yang masih fresh dibawah untuk dibuatkan partisi yang baru. Untuk membuatnya kalian klik kanan pada partisi yang baru lalu pilih New Simple Volume untuk membuatnya bisa digunakan.

7. Masuk ke New Simple Volume Wizard

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Sesudah kalian mengklik New Simple Volume pada disk yang baru dibuat maka kalian akan diarahkan otomatis ke sebuah jendela baru yaitu New Simple Volume Wizard nah disini kalian cukup menekan Next sampai kalian disuruh memasukkan nama baru untuk partisi kalian.

8. Masukkan nama untuk partisi kalian

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Setelah menekan Next sebanyak kurang lebih 3x maka kalian di suruh memasukkan nama untuk partisi baru kalian nah untuk nama ini termasuk opsional atau bisa gunakan nama defaultnya saja yaitu New Volume atau Masukkan nama baru yang ingin kalian pakai misal DATA atau apapun.

9. Cek semua data yang telah kalian setting

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Setelah memasukkan nama selanjutnya kalian cukup menekan finish tetapi jika kalian ragu atas data yang kalian masukkan tadi kalian cukup lihat saja di jendela New Simple Volume Wizard disana telah disediakan data data yang kalian masukkan untuk dicek lagi. Jika semua data sudah benar maka kalian tekan Finish dan tunggu loadingnya selesai.

10. Partisi bisa digunakan

Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang

Semua telah selesai dan kalian bisa menggunakannya untuk menyimpan data jika nantinya kalian ingin menyimpan game atau software sebaiknya kalian masukkan Volume setengahnya dari Free Space saat kalian shrink volume tadi.

Penutup

Cukup sekian saja tutorial Cara Membuat Partisi Baru Di Windows Setelah Install Ulang kali ini semoga bisa membantu kalian yang misal saat install ulang lupa untuk memasukkan Partisi baru untuk menyimpan data. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca: Cara Aktivasi Windows 10 Permanent Legal Gratis