Cara Menggunakan Stik PS3 di HP

2 min read

PS3

Cara Menggunakan Stik PS3 di Android – Tentunya kalian pernah memainkan game game ber genre FPS, Racing, Fighting maupun game game emulator seperti game PS 1 yang terasa kurang mantap apabila dimainkan dengan layar sentuh saja,bayangkan ketika anda bermain game fighting yang membutuhkan kecepatan sedangkan layar sentuh smartphone Android anda tidak bisa digunakan secara cepat dan juga menekan banyak tombol sekaligus.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka kali ini admin akan membahas mengenai cara menggunakan Controller Gamepad / Joystick PS 3 pada Smartphone Android sobat sekalian agar sobat merasa mantap dan greget ketika bermain game-game bergenre fighting, Racing, FPS maupun game game emulator PS1 seperti Tekken.

Controller PS3 dipilih oleh kebanyakan orang karena harganya yang murah, berkualitas dan awet serta memberikan kesan nostalgia dengan game game Playstation lawas yang pernah sobat mainkan.

Cara Menggunakan Stik PS3 di Android

Seperti yang kita tahu umumnya controller PS3 dipakai untuk memainkan console PS3,namun siapa sangka bahwa controller PS3 ini bisa digunakan untuk bermain game pada Android yang umumnya di optimalisasi untuk layar sentuh,penasaran? simak baik-baik tutorialnya. Lengkapi beberapa Item ini

  • Controller PS3
  • Kabel Micro USB
  • PC / Komputer
  • Sixaxis pair tool.

Sebelum membeli Controller PS3 ada baiknya untuk mengecek kompatibilitas Smartphone Android,untuk mengecek kompabilitas nya sobat bisa menggunakan apliasi Sixaxis Compatibility Checker,pastikan Smartphone Android sobat memiliki OS diatas 4.0 fitur bluetooth dan hak akses root. Baca: Cara Root Xiaomi Redmi Note 5A Tanpa PC dan Dengan PC

Cek Apakah Stik PS3 Compatible dengan HP

  1. Install apliasi Sixaxis Compatibility Checker (bisa anda dapatkan di PlayStore) tersebut dan jalankan aplikasinya, akan muncul peringatan, klik ok saja.
  2. Klik Start untuk menjalankan driver Sixaxis  sekaligus mengecek kompatibilitas Smartphone Android sobat.Izinkan untuk mengakses root.
  3. Bila Smartphone Android anda kompatibel, maka akan muncul pesan Your device appears to be supported. Apabila tidak, maka akan muncul pesan Error : Missing required protocol atau Connection Failed.
  4. Apabila Smartphone Android sobat kompatibel maka sobat bisa melanjutkan ke tutorial selanjutnya.

Langkah Install Stik PS3 ke HP

Install aplikasi Sixaxis Controller (bisa didapatkan di PlayStore dan berbayar,bisa juga didapatkan dari website aplikasi android bajakan secara gratis) dan jalankan dan klik tombol Start.Izinkan untuk mengakses Root.

Di kiri bawah layar akan muncul alamat bluetooth (Bluetooth adress) Smartphone Android sobat.

Buka PC kalian, install dan jalankan Sixaxis Pair Toll(bisa didapatkan secara gratis) lalu Sambungkan Controller PS3 sobat dengan PC sobat menggunakan kabel mini USB.

Tunggu bagian Current Master berubah dari Searching… menjadi deretan angka dan huruf (xx:xx:xx:xx:xx:xx)

Pada bagian Change Master,isi dengan alamat bluetooth(bluetooth address) smartphone Android sobat (tutorial kedua,tepatnya yang muncul pada kiri bawah layar sobat), lalu klik Update.

Pastikan alamat di bagian Current Master sama dengan di bagian Change Master,klik Update sekali lagi untuk memastikan. Lepas kabel mini USB pada Controller PS3 sobat lalu sambungkan kembali untuk memastikan apakah alamat pada bagian Current Master masih sama dengan Change Master, bila belum klik Update sekali lagi.

Lanjut ke Controller PS3 sobat, pastikan aplikasi Sixaxis Controller di Smartphone Android sobat masih berjalan.

Lepas kabel mini USB dari Controller PS3 sobat dan tekan tombol Power yang berlogo  PlayStation.

Tunggu 4 lampu berwarna merah pada Controller PS3 sobat berhenti berkedip dan hanya satu lampu saja(lampu bernomor 1) yang tetap menyala.itu menandakan bahwa Controller PS3 sobat sudah terhubung dengan Smartphone Android sobat.

Lanjut ke Aplikasi Sixaxis Controller pada Smartphone Android sobat. Setelah berhasil terhubung,akan muncul tulisan Client 1 Connected [Battery Status : Full/High/Low]. Sobat juga bisa melihat status baterai Controller PS3 sobat melalui aplikasi Sixaxis Controller tersebut.

Selanjutnya sobat masuk ke menu Sixaxis Controller Setting melalui Menu » Preferences » Gamepad Setting, lalu centang Enable Gamepad untuk mengaktifkan pengaturan tersebut.

Hal tersebut dilakukan supaya Smartphone Android sobat menganggap Controller PS3 sobat sebagai Native Gamepad, sehingga dapat dikenali oleh Game – Game Android yang mendukung penggunaan Gamepad seperti Modern Combat 4, Modern Combat 5, dan Ashpalt 8.

Untuk mulai bermain game dengan Controller PS3 sobat hanya perlu menekan tombol Start dan tunggu sampai terhubung, setelah itu sobat bisa memainkan Game – Game dengan menggunakan Controller PS3 sobat.

Penutup

Tidak semua Game Android Support dengan penggunaan Gampad,sejauh ini Game yang bisa admin mainkan dengan Controller PS3 ini adalah Modern Combat 4, Modern Combat 5, Asphalt 8, GTA San Andreas, dan game Bully.  

Demikian Tutorial Cara menggunakan Controller / Stik PS3 di Android, apabila admin ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan mohon untuk dimaafkan dan apabila ada yg kurang jelas bisa untuk ditanyakan pada admin, sekian wassalam.