Cara Unlock Bootloader Redmi Note 8

3 min read

Fastboot

Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) HP Redmi Note 8 – Bagi para opreker unlock bootloader tentunya tak terdengar asing lagi,namun mungkin ada dari kalian yang masih bertanya – tanya apa itu Bootloader,kenapa harus di kunci segala dan, apa tujuan dari Unlock Bootloader itu sendiri, kan?

Apa itu Unlock Bootloader?

Singkatnya Bootloader sendiri merupakan sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum Sistem Operasi (OS) mulai berjalan.

Kenapa Xiaomi Mengunci Bootloader-nya?

Xiaomi mengunci Bootloader produk smartphone nya bukan tanpa alasan sob, hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan agar pengguna Smartphone menggunakan rom asli bawaannya (agar tidak dioprek custom rom ).

Apa Tujuan Dari Unlock Bootloader?

Unlock Bootloader alias UBL sendiri bertujuan agar sobat bisa melakukan ubahan pada Sistem Operasi (OS), maka kamu bisa melakukan oprak – oprek sesuka hati.

Namun dibalik hasil dari Unlock Boatlooder itu sendiri ternyata terdapat beberapa resiko seperti tidak lagi mendapatkan jaminan keamanan langsung dari Xiaomi.

Nah, untuk penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari Unlock Bootloader sendiri sudah admin bahas di poin berikutnya.

Kelebihan dan Kekurangan Unlock Bootloader 

Kelebihan

  • Sobat diberi kebebasan dalam melakukan modifikasi atau istilah gaulnya oprek pada HP Xiaomi yang kamu miliki, seperti melakukan costum rom, install mod Gcam, dan melakukan root.
  • Kamu bisa melakukan peningkatan performa HP (Tweak) dari settingan awal atau settingan pabrik.

Kekurangan 

  • Tidak mendapatkan lagi dukungan update sistem operasi (OS) dan keamanan langsung dari Xiaomi.
  • Garansi hilang bagi HP yang masih dalam masa garansi.

Cara Unlock Bootloader HP Redmi Note 8

Jika sebelumnya sobat harus ribet – ribet melakukan request Unlock Bootloader (UBL) dan harus menunggu SMS konfirmasi untuk melakukan Unlock Bootloader di HP Xiaomi, sekarang sudah berbeda dan lebih simpel, sob.

Beberapa bulan lalu, Xiaomi telah membuat ketentuan baru yang membuat agan tidak perlu ribet – ribet melakukan request Unlock Bootloader (UBL) dan bisa langsung menggunakan aplikasi Mi Unlock.

Langkah – langkah melakukan Unlock Bootloader (UBL) ini bisa dilakukan pada hampir semua tipe HP Xiaomi, khususnya HP Xiaomi keluaran tahun 2015 ke atas.

Sebelum Masuk ke langkah – langkah tutorialnya,berikut beberapa contoh HP Xiaomi yang bisa kamu coba Unlock Bootloader (UBL) yang sudah admin urutkan. Pastikan HP Xiaomi sobat keluaran tahun 2015 ke atas ya!

Smartphone Xiaomi yang bisa di UBL

Seri Redmi
Redmi 3.
Redmi Note 3.
Redmi 4.
Redmi Note 4.
Redmi 5.
Redmi Note 5.
Redmi 6.
Redmi Note 6.
Redmi 7.
Redmi Note 7.
Redmi Note 8

Seri Mi
Mi 4
Mi 5.
Mi 6.
Mi 8.
Note.
Note 2.
Note 3.
Mi Pad.
Mi Play.
Mi Max.
Mi Mix.
Blackshark.

Langkah Langkah

Siapkan  Alat dan Bahan

  • Sebelum sobat melakukan Unlock Bootloader (UBL), pastikan kamu memiliki Mi Account dengan umur minimal 3 hari dan sudah login di perangkat yang hendak di Unlock Bootloader (UBL).
  • Selanjutnya siapkan kabel USB, PC dengan Sistem Operasi (OS) minimal Windows 7 versi 64-bit, software Mi Unlock Tools dan Minimal ADB Fastboot yang bisa kamu unduh secara gratis di Internet.

Aktifkan Opsi Pengembang

  • Beralih ke HP Xiaomi yang hendak kamu Unlock Bootloader (UBL), sebelumnya kamu harus mengaktifkan opsi pengembang.
  • Kemudian kamu tinggal pergi ke Pengaturan > Tentang Ponsel, lalu ketuk bagian Versi MIUI sebanyak kurang lebih tujuh kali hingga muncul notifikasi opsi pengembang sudah aktif.

Aktifkan Akses Opsi Pengembang

  • Untuk mengakses opsi pengembang kamu tinggal ke Pengaturan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang.
  • Setelah masuk ke Menu Opsi Pengembang, ketuk opsi Starus Mi Unlock untuk mulai melakukan Unlock Bootloader (UBL) pada HP Xiaomi sobat.

Aktivasi Status Mi Unlock

  • Setelah masuk setelan Mi unlock, akan muncul pop-up perizinan dan tinggal agan ketuk opsi setuju.
  • Sebelum melakukan aktivasi Status Mi Unlock, pastikan kamu memakai kartu SIM pada slot SIM 1 dan mengaktifkan data internet (bukan WiFi)
  • Kemudian kamu tinggal ketuk tombol Tambah akun dan perangkat, maka proses akan berjalan dan tunggu sampai muncul notifikasi “Berhasil ditambahkan. Akun Mi tertaut dengan perangkat ini sekarang”.
  • Apabila yang muncul malah pesan gagal, maka pastikan sobat sudah mengikuti langkah – langkah di atas dengan benar.

Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking

Masuk kembali ke Opsi Pengembang dan aktifkan pilihan Buka Kunci OEM dan Debugging USB pada HP Xiaomi kamu.

Buka Mi Unlock Tools pada Laptop mu

  • Beralih ke PC kamu, sekarang kamu bisa ekstrak file Mi Unlock yang sudah kamu download di Internet.
  • Buka folder yang telah diekstrak tadi dan kemudian klik kanan pada miflash_unlock dan selanjutnya buka dengan Run as administrator.
  • Sebelum kamu mulai menggunakan Mi Unlock Tools, kamu harus membaca dan menyetujui disclaimer yang diberikan. Jika sudah, sobat tinggal klik saja tombol Agree.

Login Mi Acccount

  • Selanjutnya kamu tinggal sign in menggunakan Mi Account yang sama seperti yang terdaftar pada HP Xiaomi kamu.
  • Klik Sign in dan tunggu proses verifikasi sesaat sebelum masuk.
  • Kemudian akan muncul tampilan aplikasi Mi Unlock dengan tulisan “not connected to the phone” yang menandakan bahwa HP Xiaomi kamu tidak terhubung dengan PC. 

Hubungkan HP Xiaomi kamu dengan PC dalam mode fastboot

Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) HP Xiaomi Terbaru 2019
  • Kembali ke HP Xiaomi kamu, selanjutnya kamu tinggal masuk ke mode fastboot dengan cara matikan terlebih dahulu perangkat kamu lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol power + volume down secara bersamaan. Tunggu hingga logo Mi Bunny Muncul dengan tulisan fastboot di bawahnya.
  • Kemudian hubungkan HP Xiaomi kamu dengan PC menggunakan Kabel USB. Jika sudah pastikan status pada aplikasi Mi Unlock berubah menjadi “phone connected”.
  • Setelah itu kamu bisa langsung melakukan Unlock Bootloader (UBL) dengan klik tombol Unlock. Apabila muncul pop-up, sobat tinggal klik Unlock anyway.

Proses Unlock Bootloader

Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) HP Xiaomi Terbaru 2019

Proses Unlock Bootloader HP Xiaomi kamu akan berjalan, disini kamu tinggal menunggu beberapa waktu saja sambil menyeruput kopi

Proses Unlock Bootloader berhasil

Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) HP Xiaomi Terbaru 2019

Apabila berhasil maka akan muncul notifikasi “Unlocked Succesfully” dan kamu tinggal klik tombol Reboot Phone untuk melakukan restart HP Xiaomi.

Apabila Unlock Bootloader gagal

Apabila muncul notifikasi pesan “Couldn’t unlock. After 72 hours of trying to unlock the device” maka artinya proses unlock bootloader pada HP Xiaomi kamu gagal.

Tenang saja, disini sobat tinggal coba lagi langkah langkah tadi dengan benar setelah 72 jam atau kurang lebih 3 hari.

Penutup

Demikian Tutorial Cara unlock Bootloader HP Redmi Note 8 dan Xiaomi Semua Tipe Pasti Berhasil work 100% Terbaru 2019.

Baca: Cara Root HP Xiaomi
Baca: Mendapat Akses Root Tanpa Root