Cara Disable Notifikasi Aplikasi di Android

1 min read

Mematikan Notifikasi Aplikasi

Notifikasi pada Aplikasi HP Android sobat mungkin sangat menganggu, terutama untuk aplikasi yang tidak penting, dengan adanya pemblokiran notifikasi atau mematikan (menonaktifkan) notifikasi yang masuk pada aplikasi mungkin akan menaikkan konsentrasi sobat, karena penelitian telah membuktikan bahwa notifikasi pada ponsel dapat mengganggu dan menurunkan tingkat konsentrasi seseorang bahkan walau hanya suara kecil bip pun.

Pada artikel inilah admin ingin memberitahu Bagaimana Cara Mematikan Notifikasi di Android sama sekali dengan batasan waktu, atau pada aplikasi tertentu. Cara yang admin lakukan sudah dicoba pada Stok Android 10 (Android Q) dan untuk dibawah pie bisa menyesuaikan.

Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi di Android

Android sudah mempunyai opsi bawaan agar mematikan fungsi notif didalamnya, baik opsi Jangan Ganggu (Sama sekali tidak ada notif maupun suara) atau Langsung dari aplikasi yang ingin dituju, disini saya akan membahasnya satu persatu.

Menonaktifkan Semua Pesan dan Notifikasi Masuk di Android

Opsi ini dalam bahasa inggris sering disebut dengan Do Not Disturb, mungkin dari kalian sudah pada paham, dan ini adalah cara terbaik dan simple untuk menghindari notifikasi dari segala jenis app atau pesan bahkan telepon.

  1. Tarik bar bagian atas layar smartphone, lalu pergi ke setelan.
  2. Pergi ke Notifikasi dan Suara
  3. Pilih opsi Jangan Ganggu atau Do Not Disturb.
  4. Klik aktifkan sekarang atau Activate Now.

Kamu juga bisa memasang timer agar secara otomatis mematikan fitur jangan ganggu!.

Cara Disable Notifikasi Langsung dari Setelan Aplikasi

Cara yang saya lakukan ini tested pada Android 10 ya, jika kamu masih belum memakai Android Q ini, kamu bisa menyesuaikannya.

  1. Pergi ke Setelan >> Aplikasi dan Notifikasi >> Notifikasi >> Pilih Aplikasi yang ingin dimatikan pemberitahuannya.
  2. Pilih opsi Notifikasi, dan Kamu bisa Matikan dengan Menekan Tombol Nonaktif.

Dengan ini kamu sudah berhasil untuk menghapus notif pada setiap aplikasi yang kamu inginkan, jika ingin mengaktifkannya kembali kamu tinggal ke pengaturan tersebut dan mengaktifkan tombol on.

Penutup

Dengan ini kamu sudah bisa menghemat baterai yang cukup signifikan, jika merasa terbantu dengan artikel ini kamu bisa share dengan teman kamu atau sosial mediamu, jika ada salah kata atau salah cara bisa kamu tanyakan di opsi Hubungi Kami.

Sekian dari artikel ini, wassalamualaikum.

Baca Juga: Membuat Notifikasi Whatsapp Seperti Balon Obrolan Messenger