Cara Mudah Mengatasi Lag Saat Bermain Game di PC Kentang

Cara Mudah Mengatasi Lag Saat Bermain Game di PC Kentang - Bagi para gamer bermain game dengan Frame Rate per Second(FPS) yang stabil adalah hal yang sangat penting.

Bermain game dengan FPS dibawah 30 FPS dan seringkali mengalami drop merupakan masalah besar yang sangat memuakkan apalagi kalau sampai membuat gameplay menjadi kacau.
Seringkali para gamer melakukan berbagai cara untuk mengatasi FPS rendah dan tidak stabil dengan berbagai cara.

Para gamer sultan biasa mengupgrade hardware PC mereka agar game yang di inginkan berjalan mulus, namun para gamer kere hore seperti kita ini upgrade hardware merupakan suatu hal yang sangat susah untuk kita lakukan mengingat harga hardware PC tidaklah murah.


Cara Mudah Mengatasi Lag Saat Bermain Game di PC Kentang

Far Cry 3

Untuk itu kali ini admin akan memberikan beberapa cara mudah yang bisa dilakukan para gamer untuk mengatasi FPS rendah dan tidak stabil agar bisa bermain setidaknya dengan nyaman meskipun ada beberapa hal yang harus dikorbankan seperti kualitas grafik, but its oke, grafik itu nomor dua yang terpenting adalah gameplay.

Berikut telah admin jabarkan beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi lag dibawah ini.

Jangan jalankan aplikasi lain.

Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan hanya jalankan game yang ingin anda mainkan.
Aplikasi yang berjalan di latar belakang memakan ram dan juga proccesor yang menyebabkan proccesor dan ram kurang maksimal dalam menjalankan game sobat.

Turunkan Settingan Grafik.

Turunkan kualitas grafik dan resolusi game yang anda mainkan sampai mendapatkan FPS yang anda inginkan dan stabil pastinya.
Grafis bukanlah hal terpenting dalam bermain game ya sobat gamer melainkan gameplay lah yang terpenting, jadi lebih baik grafik ala kadarnya tapi lancar daripada grafik bagus tapi penuh dengan lag.

Pastikan tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Matikan semua aplikasi atau layanan yang sedang berjalan di latar belakang agar tidak menganggu performa PC dalam menjalankan game.

Matikan fitur yang kurang berguna.

Matikan animasi atau fitur lainnya yang tidak berguna pada PC anda untuk menaikkan performa PC saat menjalankan game.

Update Driver Hardware.

Cek apakah driver hardware PC kamu Up to date atau tidak, jika tidak maka segera lakukan update. Driver hardware yang tidak Up to date seringkali menyebabkan kinerja hardware menjadi kurang maksimal.

Downgrade OS ke Windows 7

Jika anda masih tetap saja mengalami lag maka walaupun sudah mengupdate driver hardware, maka anda bisa melakukan dovwngrade OS ke Windows 7 apabila anda sekarang ini menggunakan Windows 8 atau 10. Windows 7 dipilih karena fiturnya yang tidak muluk-muluk dan cenderung simpel yang membuatnya tidak terlalu memakan performa PC anda.

Baca: Cara Mengatasi Windows Not Genuine pada Windows 7 Terbaru

Hapus Aplikasi atau Software yang tidak diperlukan.

Hapus Aplikasi atau software yang anda rasa tidak perlukan dan pertahanan software atau aplikasi yang anda rasa memang layak untuk dipertahankan dan berguna.
Software dan aplikasi yang tidak berguna hanya akan memenuhi hardisk PC saja.

Jaga suhu PC tetap dingin.

Suhu terlalu panas merupakan salah satu penyebab utama turunnya kinerja hardware PC.

Oleh karena itu gunakan kipas ataupun cooling pad bagi pengguna laptop untuk menjaga suhu PC/laptop tetap dingin dan tidak overheat, overheat bisa menyebabkan throttling atau penurunan kinerja hardware akibat suhu yang terlampau panas demi menormalkan suhu PC.

Matikan auto update software.

Penyebab lag bukan hanya hardware, bisa juga karena internet anda. dalam kasus bermain game online, internet sangat mempengaruhi kelancaran dalam bermain.

Oleh karena itu alangkah baiknya kita mematikan semua auto update software agar kecepatan internet kita tidak dimakan oleh update software yang berjalan dilatar belakang secara diam-diam yang menyebabkan lag pada game online. Baca: Cara Menonaktifkan Program Startup di Windows 7 dan 10

Bersihkan PC dari virus.

Lakukan Scanning virus menggunakan software antivirus dan hapus virus virus yang ada di PC kamu.

Virus seringkali menganggu kinerja PC tanpa anda sadari!.

Gunakan software Low Specs Experience.

Cara ke-11 ini merupakan cara yang menurut admin sangat ampuh untuk mengatasi Lag pada PC kentang.

Sesuai namanya software Low Specs Experience ini berfungsi untuk memainkan suatu game secara playable(lancar) pada spesifikasi rendah dengan cara mengoptimalkan settingan grafik suatu game melebihi pilihan yang disediakan oleh game itu sendiri.

Pada aplikasi ini terdapat beberapa pilihan penurunan grafik yang semakin ke bawah semakin rendah pula grafiknya yang berarti semakin lancar pula game anda.

Untuk menjalankan aplikasi ini sangatlah gampang, anda cukup menginstall dan menjalankan aplikasi nya sesuai petunjuk lalu memilih opsi penurunan grafik yang anda inginkan.

*Software ini bisa anda dapatkan secara gratis di internet*

Penutup 

Demikian beberapa cara mudah dalam mengatasi lag saat bermain game dengan PC kentang yang bisa admin sampaikan, apabila ada kesalahan mohon untuk dimaafkan, wassalamu’alaikum wr.wb.