Cara Menghapus Chromium yang Tidak bisa di Uninstall

Cara Menghapus Chromium - Salah satu browser terbesar dan paling banyak diunduh yang bernama Google Chrome ternyata juga memiliki virus yang bernama Chromium, Chromium ini sangat susah sekali untuk diuninstall/dihapus, tapi tenang saja, karena kami akan memberikan tutorial cara menghapus browser chromium ini sampai ke akar-akarnya

Chromium sendiri susah di uninstall karena terdapat virus yang menjangkit menjalar kedalam directory disk c. Jika agan menggunakan browser google chrome, pasti akan memiliki virus chromium ini bila belum ditangani. Chromium browser ini sebenarnya bukanlah virus atau semacamnya, lebih tepatnya browser pecahan dari google chrome.

Seperti yang kita ketahui, browser chromium ini muncul secara tiba-tiba pada desktop kita, maka dari itu kita perlu curigai browser chromium ini.

Baca juga:  Cara Mengatasi File di Flashdisk Tidak Terbaca PC dengan CMD

Lalu bagaimana caranya untuk menghapus chromium permanent yang tidak mau diuninstall? Tenang saja, dalam artikel ini kita akan memberikan tutorial cara menghapus browser chromium ini sampai ke akar-akarnya.

Cara Menghapus Browser Chromium hingga ke Akarnya


Cara Menghapus Browser Chromium hingga ke Akarnya

Jika agan baru pertama kali menggunakan browser google chrome, mungkin agan belum pernah ngerasain bedanya performa pada laptop ketika menggunakan google chrome, Tapi jika agan menggunakan google chrome sudah lama pasti tau sendirilah browser yang satu ini sangat banyak memakan ram ketika sedang running.

Browser Chromium sendiri tidak mau diuninstall bisa dikatakan seperti Malware, tanpa sepengetahuan agan chromium terinstall dengan sendirinya dilatar belakang. proses penginstallannya tidak terasa berat dan tidak ada kecurigaan sama sekali.

Laptop agan akan terasa berat jika browser chromium yang satu ini muncul pada desktop agan, icon dari chromium ini sangat mirip dengan google chrome, hanya bedanya diwarnanya saja.

Cara Hapus Chromium yang Tidak Mau DiUninstall


Ada banyak cara untuk menghapus program chromium ini, menghapus browser chromium ini susah susah gampang kok, maka dari itu simak artikel ini sampai habis.

Oke langsung saja kita kebagian pertama....

Uninstall Chromium melalui Control Panel


Pertama-tama agan harus menghapus chromium ini via control panel terlebih dahulu, caranya mudah banget kok.

1. Klik ikon search pada taksbar
2. Ketik "Control Panel"
3. Klik Control Panel
4. Pilih "Uninstall a Program" (dibawah tulisan program)
5. Lalu cari Chromium, dan Uninstall.

Menghapus File Bekas dari Chromium


Jika agan sudah menguninstall browser chromium, sekarang agan harus menghapus file bekas yang tersisa dari chromium ini, ikuti cara dibawah ini:

1. Buka File Explorer
2. Buka C:/Users/Default/AppData/Local/Microsoft/
3. Lalu hapus file berkas chromium

Jika tidak ada file berkas chromium pada dilangkah nomer 2, coba buka C:/Users/Nama pc agan/AppData/Local/

Menghapus Chromium dari Registry


Supaya agan bisa bebas dari bahaya malware chromium, ikuti langkah dibawah ini untuk menghapus chromium dari registry

1. Pertama agan harus membuka Registry Editor terlebih dahulu, cara untuk membuka registry editor adalah dengan mengeklik tombol Win+R lalu ketik regedit kemudian klik enter.

2. Saat Registry Editor terbuka, klik CTRL+F dan ketik Chromium lalu tekan enter.

3. Jika agan sudah menemukan baris yang ditandai, silakan hapus file tersebut karena itu directory dari program chromium browser.

Silahkan dihapus hingga tuntas file sampah dari Chromium.

Dampak bila Tidak Membersihkan Chromium


Setiap malware memiliki dampak, entah itu performa komputer menjadi lambat atau suka nge hang. walaupun agan sudah menggunakan ssd, tetap saja akan terasa lambat bila kemasukan malware, browser chromium ini contohnya.

Baca juga: Tips Merakit PC Gaming Murah Dan Berkualitas (Kere Hore)

Menurut admin sendiri browser Google Chrome ini sangat berat, buka beberapa tab saja sudah terasa lemot. menurut admin lebih baik makai browser Opera GX aja deh dari pada makai browser Google Chrome.

Hanya Segitu saja penjelasan mengenai cara menghapus browser chromium, sekian dan terima kasih.