Tips Membeli atau Merakit PC Gaming Murah Dan Berkualitas

Tips -Tips Merakit PC Gaming Murah Dan Berkualitas - Jika sobat melihat sebuah gameplay game di youtube atau dimanapun, pastilah ada seorang yang bernama Gamers. Yang kita ketahui yang namanya gamers itu pasti perangkatnya tingkat dewa semua kan dan harganya pun jauh lebih dewa lagi pastinya hehe.

Inilah Tips - Tips Membeli/Merakit PC Gaming Murah Dan Berkualitas


Memang benar untuk mendapatkan sebuah PC gaming pabrikan memang harganya lumayan sangat mahal, untuk PC gaming spek menengah saja sobat harus merogoh kocek yang setara dengan membeli motor baru wkkwkk.

Baca: 4 HP Rekomendasi untuk Bermain Game Berat

Itu kalo sobat mau membeli PC gaming pabrikan yang kualitasnya sudah dijamin & Tahan lama, Nah kalo sobat sangat menginginkan sekali PC gaming namun sobat hanya memiliki Budget yang sedikit, mungkin artikel kali ini dapat membantu sobat dalam merakit PC gaming sesuai yang sobat harapkan.

Oh iya perlu diketahui kualitas PC gaming rakitan ini hampir setara loh dengan buatan pabrik, ya sesuai dengan komponen yang sobat pakai juga sih, kalo komponennya bagus ya kualitas dari PC tersebut ya bagus juga. Nah penasaran kan bagaimana tipsnya, mari kita simak.

Tips Merakit PC Gaming Murah Dan Berkualitas


Bagi sobat sekalian yang mau merakit PC/membeli yang rakitan, sobat bisa mengikuti tips - tips dari kami agar tidak salah tafsir saat merakit PC gaming yang kualitasnya setara dengan PC buatan pabrik.

Asus merupakan PC gaming yang paling terkenal dibandingkan dengan lainya, karena menurut saya cuman vendor inilah yang produk PC/Laptop gaming nya yang paling berkualitas dari segi apapun hingga dari segi harga pun sangat berkualitas alias selangit hehe. Berikut ini admin ada tips untuk merakit PC Gaming.

Memilih Processor Berkualitas

Seperti yang kita ketahui, processor adalah otak dari sebuah komputer. Semua data dan program dapat diakses dengan processor ini. Untuk kebutuhan gaming sendiri, Sobat setidaknya merogoh kocek yang lumayan dalam untuk membeli Processor berkualitas.

" Apa Aja Sih Ciri-Ciri Processor Yang Berkualitas?", mungkin sobat bertanya seperti itu. Processor yang berkualitas tentu saja memiliki harga yang mahal hehe, tidak juga, maksud admin processor yang berkualitas adalah processor yang memiliki kecepatan dan ketahanan yang tinggi untuk mengolah data dari sebuah komputer.
Untuk PC gaming sendiri setidaknya membutuhkan minimal kecepatan processor sekitar 3.2 - 4Ghz. Semakin cepat semakin bagus. Selain itu processor berkualitas itu tidak cepat panas, hal ini dipengaruhi juga oleh komponen lain, tapi kita bahas nanti. Panasnya sebuah processor disebabkan karena ketidak cocokan processor dengan komponen komputer lainya.

Misal begini, Sobat mempunyai processor AMD Ryzen 4.0Ghz, tetapi PC sobat belum mempunyai VGA dan komponen lainya masih rendah. nah karena itu processor bekerja lebih keras karena komponen lainya masih rendah.

Pilihlah RAM Dengan Kecepatan & Tipe Tinggi

Saat ini RAM sudah mendukung tipe DDR3 dan DDR4, semakin tinggi tipe Ram maka semakin bagus pula kualitas ram dan semakin mahal juga harganya. Ram sendiri berfungsi sebagai penyimpanan memori sementara dari program yang dijalankan.

Bayangkan saja jika sobat memainkan game dengan grafis tinggi, pastinya semakin besar juga alokasi memori yang diperlukan untuk menampung kapasitas acak dari program tersebut, maka dari itu kapasitas dan kecepatan RAM sangat dibutuhkan untuk menunjang performa dalam gaming.

Untuk minimum kapasitas dalam merakit/membeli PC gaming adalah sekitar 6-8Gb dengan tipe DDR3/DDR4. Kenapa sih harus memilih tipe tersebut?. Untuk saran saya jika sobat merakit PC pilih saja yang tipe DDR3 karena tipe DDR1 & DDR2 sudah tergolong tua dan kecepatanya masih rendah. 

Sedangkan DDR4, tipe ini masih tergolong baru dan masih susah mencari RAM dengan tipe ini, otomatis harga yang ditawarkan juga sangat mahal.

Motherboard Dengan Socket PGA/LGA

Kenapa Harus memilih motherboard dengan Socket ini?. Karena Motherboard dengan soket jenis ini sobat bisa sesuka hati mengganti processor sobat dengan catatan processor yang akan diganti sesuai dengan soket yang tertera pada motherboard.

Kelebihan lain dari Soket PGA & LGA dibandingkan dengan BGA adalah, Kedua soket tersebut biasanya hanya dimiliki pada PC dengan Spek menengah - keatas saja, yang berarti motherboar jenis ini sudah bisa menampung komponen lain yang juga mendukung spek menengah - keatas.

Sedangkan soket BGA, biasanya sobat tidak bisa melepaskan processor dari soketnya karena sudah tersolder & biasanya soket jenis ini dimiliki pada perangkat Tablet dan laptop/PC dengan spek rendah.

Utamakan Penyimpanan Dengan Ruang Besar

Penyimpanan besar sangat dibutuhkan guna menyimpan ruang game yang dibutuhkan. Idealnya minimum penyimpanan pada sebuah PC gaming rakitan adalah Hardisk 320Gb dengan Tipe SSD bukan HDD.

Kelebihan SSD dibandingkan dengan HDD adalah dapat di lepas pasangkan/upgrade ruang pada tipe SSD, sebenarnya HDD juga bisa tetapi bedanya SSD dapat menampung ruang sebesar 1TB alias 1000Gb, Sedangkan HDD hanya mempu menampung 320Gb saja.

Power Suply dan CPU Cooler Juga Penting

Power Suply sendiri berfungsi sebagai pengahtar arus listrik. Pada umumnya Power Suply yang tertanam pada PC Gaming sudah memiliki Stabilizer, tetapi jika tidak sobat bisa kok menambahkanya agar arus listrik stabil.

Cpu cooler berfungsi sebagai pendingin Processor, jadi jika sobat memainkan sebuah game berat jangan khawatir processor akan panas, dengan adanya CPU Cooler suhu Processor tidak melebihi 50 Derajat Celcius. Jadi Sobat bisa tenang dengan berlama - lama memainkan Game.

VGA Yang Paling penting

VGA ( Video Grapich Array ) Berfungsi sebagai penguat grafis dalam sebuah game. Maksudnya begini Grafis yang ada pada game tersebut akan di kontrol melalui VGA ini dan di bantu dengan kecepatan kerja processor.

Dengan adanya VGA ini game dengan grafis tinggi akan terasa lancar saat dimainkan tanpa adanya lag dan FPS down. Malah jika menggunakan VGA ketimbang Grapich Card jauh lebih bagus menggunakan VGA. Dan FPS akan meningkat secara signifikan. 

Namun kendala utama dari VGA ini adalah harganya yang sangat mahal, Untuk VGA Nvidia Seri GTX saja hampir menyentuh kisaran harga 1 jutaan.

Inilah Tips - Tips Membeli/Merakit PC Gaming Murah Dan Berkualitas


Penutup

Nah admin rasa itu sudah cukup untuk sobat merakit/membeli PC gaming secara bijak. Bagi sobat yang merakit PC Gaming dan semua bahan tersebut terkumpul sobat tinggal membeli Casing sesuai kemauan sobat saja begitu juga degan monitor, pilihlah monitor dengan kualitas HD karena nantinya sobat tidak kesusahan untuk mengatur resolusi pada Monitor sobat.
Oh iya bagi sobat yang masih kesusahan merakit PC gaming namun bahan - bahannya sudah terkumpul, sobat bisa membawanya ke tukang servis komputer untuk dirakitkan, ngga mahal kok harganya paling 20 ribuan aja tergantung maunya tukang servis

Maaf Kolom Komentar Kami Tutup, Karena Admin Jarang Aktif :D