5 Cara Mengatasi Kegagalan Dalam Usaha Yang Baru Berdiri

5 Cara Mengatasi Kegagalan Dalam Usaha Yang Baru Berdiri - Gagal dalam setiap apapun yang kita lakukan merupakan hal yang wajar untuk di alami, Terutama pada bidang usaha.

Saya masih ingat sekali dengan pepatah yang mengatakan " Tidak ada keberhasilan tanpa mengalami kegagalan ", dari pepatah tersebut kita dapat meyimpulkan bahwa gagal itu memang hal yang sangat wajar dan semua orang akan merasakan kegagalan tersebut.
5 Cara Mengatasi Kegagalan Dalam Usaha Yang Baru Berdiri
Ilustrasti
Namun jika masih ada orang yang berhasil tanpa di dahului kegagalan, itu ya rezeki mereka, mereka sudah tau pasti prinsip hidup, jadi mereka yang berhasil tanpa kegagalan tenang-tenang saja menjalani usaha mereka.

Untuk pengusaha yang sudah lama terjun kedalam bidang wirausaha, kegagalan memang sudah menjadi langganan usahanya, namun dibalik itu semua kagagalan bisa mereka jadikan acuan untuk menuju kesuksesan.

Beda halnya dengan pengussaha muda, mereka hanya memikirkan bagaimana caranya untuk sukses, sukses dan sukses. Ketika telah menuju jalan kesuksesan para pengusaha baru tidak berhati-hati dalam menjalani kesuksesan mereka, yang menyebabkan kegagalan usaha yang tak berarti, mereka hanya mengeluh " Kenapa Usaha saya gagal, padahal sudah sukses sebelumnya ".

Untuk itu disini kami akan memberikan sedikit solusi bagaimana caranya keluar dari pintu kegagalan, terutama bagi pengusaha yang baru terjun ke bidang wirasusaha.

Cara Mengatasi Kegagalan Dalam Usaha Yang Baru Berdiri

Walaupun kegagalan merupakan hal yang normal dalam berwira usaha, namun kegagalan ini dirasa cukup berat bagi sebagian orang, untuk itu artikel ini dibuat agar memotivasi sobat semua yang telah mengalami pahitnya kegagalan dan ingin bangkit sukses menggapai cita-cita sejak lama.

1. Positiflah Dalam Berifikir

Memang benar berpikir positif menjadi pintu keluar yang sangat tepat, karena jika kamu mengalami kegagalan hal yang ada dalam benakmu adalah menyalahkan orang lain, diri sendiri, maupun kondisi keadaan perusahaan.

Untuk itu berpikir positif sangat di andalkan, karena kita tahu bahwa kegagalan ini memang sudah takdir dan sebuah pelajaran untuk di ambil hikmahnya agar kegagalan yang di alamai tidak lagi terulang kembali.

Berfikirlah positif, Rileks dalam menghadapi keadaan yang menerpa. Jika kondisi otak dalam keadaan rileks alias tidak panik. Nantinya kamu akan menemukan konsep-konsep baru dalam membangun usaha dan meninggalkan konsep yang telah gagal kamu laksanakan.

2. Mencari Tau Sebab Kegagalan Yang Di Alami

Segala sesuatu yang dialami pastilah mempunyai sebab dan akibat, maka dari itu hal yang paling utama ketika mengalami kegagalan adalah dengan mencari tau apa sih penyebab ini kok bisa berakibat pada kegagalan usaha saya?.

Nah, dalam menelusuri sebab kegagalan dalam usaha yang kamu geluti, kamu harus bisa mengendalikan situasi dan kondisi. Maksud situasi dan kondisi disini adalah, berpikir positif situasi apa yang kamu alami dan bagaimana kondisi yang kamu rasakan. Ketika kamu sudah mengetahui situasi dan kondisi, selanjutnya tinggal rileks dan mencari sebab dari kegagalan usaha kamu.

Secara umum ada dua faktor utama yang menyebabkan kegagalan dalam berwira usaha, yaitu Faktor Internal ( Dalam ) dan Faktor Ekstenal ( Luar ).

Faktor internal bisa di sebabkan karena permasalahan dari perusahaan tersebut seperi, manajemen keuangan yang buruk, ketidak jujuran pegawai, Tidak disiplin, promosi tidak berjalan, dll.

Sedangkan faktor luar bisa di sebabkan karena persaingan persahaan kamu dengan perusahaan lainya yang menyebabkan sepinya pembeli produk yang kamu keluarkan tidak sebagus produk dari perusahaan lain. Untuk ini kamu bisa membuat daftra kegagalan yang kamu alami dan memperbaiki semua kesalahan yang telah gagal.

3. Tetap Fokus Pada Target Penjualan

Seperti yang kita ketahui bahwa fokus merupakan hal yang paling utama, dalam hal ini fokus memang jalan yang tepat karena kita hanya terfokus pada satu target penjualan dari perusahaan, hal ini bisa membuat kamu bisa mengendalikan situasi dan kondisi yang kamu alami.

4. Evaluasi Kegagalan yang Terjadi

Evaluasi merupakan hal yang sangat penting untuk bangkit dari kegagalan yang terjadi. Selain itu melakukan evaluasi, bisa juga menyebabkan kamu jatuh pada Lubang yang sama seperti sebelumnya.

Jika kamu sudah merencanakan sebuah evaluasi untuk menjalankan usaha yang baru, ada baiknya evaluasi di lakukan secara berkala agar bisa mendeteksi segala kemungkinan yang bisa menyebabkan kegagalan lagi.

5. Bersyukur Atas Apa Yang Di Alami

Bersyukur pada yang Maha Kuasa merupakan hal yang paling mendasar, apapun yang kamu alami sebaiknya bersyukurlah karena rezeki yang kamu terima dan kamu dapatkan hanya ada pada-Nya.

Dengan kegagalan yang telah kamu alami, kamu dapat meyimpulkan bahwa kegagalan tersebut memang sudah wajib terjadi ketika melakukan usaha.

Bersyukurlah karena kamu sudah mendapat hidayah dan hikmah yang dapat kamu ambil dan meneliti mana yang dapat kamu ambil dan mana yang dapat kamu tinggalkan dari kegagalan tersebut.

Dan jangan takut untuk memulai usaha tersubut mulai dari NOL, agar semua kegagalan yang pernah di alami tidak akan terulang kembali, memang cukup berat jika memulai usaha dari bawah kembali. Namun itu semua ada pada diri kamu, mau mulai dari mana apakah mulai dari kegagalan tersebut kemudian melanjutkanya, atau memulai dari bawah kembali.

Penutup

Nah mungkin sekian dari artikel kali ini yaitu 5 Cara Mengatasi Kegagalan Dalam Usaha Yang Baru Berdiri. Apapun kegagalan yang kamu alami, jangan takut untuk kembali bangkit dari keterpurukan yang terjadi.

Artikel Terkait

Maaf Kolom Komentar Kami Tutup, Karena Admin Jarang Aktif :D

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abira Massi

Baca Juga :