Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang di Smartphone

Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang di Smartphone - Whatsapp atau yang sering disingkat menjadi WA adalah salah satu aplikasi Chatting paling populer di generasi milenial, bukan hanya anak muda, orang tua kebanyakan memakai aplikasi messenger paling populer di dunia ini, namun, ada beberapa orang yang masih belum mengerti akan hal atau trik dalam Bermain Whatsapp ini, salah satunya masalah Bagaimana Cara Mendapatkan Kontak Whatsapp yang sudah Terlanjur Hapus di Sim Card, maupun Device (Smartphone) sobat.

Pernahkah sobat mengalami kontak Whatsapp yang hilang secara mendadak? Pasti akan membuat sobat bingung, apalagi semua kontak yang hilang tersebut merupakan nomer orang - orang penting bagi anda seperti rekan kerja maupun rekan bisnis.
Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang di Smartphone
Whatsapp

Sistem penyimpanan kontak pada aplikasi Whatsapp menggunakan kontak default penyimpanan ponsel, bila semua kontak Whatsapp anda hilang maka masih tersedia kontak telepon yang menyimpannya. Walaupun begitu kontak penyimpanan default harus terintegrasi dengan SIM card sobat, bila sobat menyimpannya di kontak telepon saja maka kontak tersebut akan ikut hilang.

Namun anda tidak seharusnya terlalu khawatir karena terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan semua kontak Whatsapp anda yang hilang dengan cepat, bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa cara mengembalikan kontak whatsapp yang hilang.

Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang 


Melakukan Install Ulang Pada Aplikasi Whatsapp 

Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah melakukan install ulang terhadap aplikasi Whatsapp, cara ini cukup mudah untuk anda lakukan.

Caranya adalah mencopot aplikasi Whatsapp sobat, dan melakukan install ulang melalui aplikasi Google Play Store secara gratis, biasanya setelah melakukan proses login dengan nomor hp yang pernah digunakan maka akan terlihat kembali kontak yang sempat hilang.

Namun cara ini tidak dapat memastikan semua kontak anda kembali dengan lengkap, biasanya masih terdapat beberapa kontak yang tidak dapat dipulihkan.

Menghapus Cache Aplikasi Whatsapp

Cara mengembalikan kontak whatsapp yang hilang berikutnya adalah menghapus cache aplikasi Whatsapp anda, caranya adalah dengan mengakses menu pengaturan lalu memilih pengelola aplikasi atau Managemen Aplikasi. Setelah itu pilihlah aplikasi Whatsapp, klik Force Stop dan clear cache.

Setelah melakukan hal tersebut maka lakukanlah restrat pada hp sobat, bukalah kembali aplikasi whatsapp dan kontak sobat akan kembali semula dengan cepat.

Apa itu cache? Cache ini merupakan riwayat berkas yang tersimpan pada memori perangkat dan dapat sesekali mengalami masalah, untuk menanganinya cukup dengan menghapus cache ini dengan bersih melalui menu pengaturan yang tersedia di semua jenis ponsel android.

Menampilkan Kontak Dengan Menu Pengaturan Whatsapp

Banyak orang awam yang mengalami masalah kontak Whatsapp yang hilang, mereka tidak mengetahui fungsi pengaturan pada aplikasi ini dan tidak mengaktifkannya.

Menu pengaturan ini berfungsi untuk memberikan perintah untuk memperlihatkan semua kontak pada aplikasi Whastapp, mereka akan mengambil kontak dari ponsel anda.

Bila sobat pernah menyimpan kontak yang lama maka kontak tersebut akan langsung muncul dalam aplikasi Whastapp ini, namun biasanya kontak yang ditampilkan tidak memiliki nama dan tampil hanya berupa nomer telepon saja. Terkadang juga berisi foto namun akan muncul ketika pemilik nomer tersebut juga menggunakan aplikasi Whatsapp.

Integrasikan Akun Gmail dengan Whastapp

Cara terakhir yang dapat sobat lakukan adalah dengan menintegrasikan akun gmail dengan aplikasi whatsapp sobat, seperti yang kita tahu bahwa aplikasi ini mengambil dan menggunakan phone book sebagai media penyimpanannya.

Jadi semua kontak yang ada di phone book terinstegrasi dengan akun gmail yang sobat miliki, biasanya akibat terlalu banyaknya akun yang sobat miliki membuat kontak tidak muncul.

Untuk memunculkannya kembali sobat dapat melakukan cara berikut ini.
  • Carilah menu settings pada phone book lalu klik Contact to display
  • Setelah itu checklist akun gmail yang sobat gunakan untuk menyimpan kontak.
  • Refresh lah kontak telepon sobat.

Sangat mudah bukan ? tutorial ini sudah admin lakukan dan terbukti work, jika sobat sudah melakukan hal diatas, namun tetap gagal, bisa tanyakan dikolom komentar.

Penutup

Demikian artikel saya kali ini tentang bagaimana Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang di Smartphone, jangan lupa tinggalkan jejak di blog ini, agar mendapat update artikel menarik lainnya.

Artikel Terkait

Masukan Emailmu Untuk Menjadi Visitor Premium Abira Massi

Baca Juga :

0 Response to "Cara Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang di Smartphone"

Posting Komentar